Multiple Layout di ArcGIS Menggunakan XTools Pro 8

DataEast baru saja merilis XTools Pro 8, extension ArcGIS yang powerful untuk berbagai kebutuhan operasi data spasial seperti vector spatial analysis, shape conversion,  serta table management tools.  Salah satu fitur terbaru di XTools Pro 8 adalah Multiple Layout di dalam single ArcMap project (*.mxd).


Gambar diatas (klik untuk memperbesar) adalah tampilan dua layout berbeda dalam satu MXD file. Hal ini dimungkinkan karena di XTools Pro 8 terdapat tools baru yaitu Multiple Layout Manager yang digunakan untuk melakukan pengaturan layout, seperti penambahan layout baru, hapus layout yang ada, serta mengaktifkan salah satu layout. Selain tersimpan dalam satu file MXD, user juga diberi pilihan untuk menyimpan satu atau lebih layout menjadi file MXD dengan nama yang lain. Dibawah ini adalah gambar saat saya mengaktifkan salah satu layout di jendela Multiple Layout Manager XTools Pro 8.


Dengan multiple layout di ArcGIS menggunakan XTools Pro 8 ini, satu layout bisa terdiri atas beberapa dataframe, bahkan user bisa melakukan copy-paste antara layout satu dengan layout lainnya, baik itu untuk dataframe, layer maupun untuk graphic (text & drawing). Termasuk juga copy-paste untuk North Arrow, Scale (bar & text), picture dan object yang di insert ke layout. Caranya cukup mudah, aktifkan layout yang akan di copy layer atau graphic-nya, pilih layer/graphic tersebut, klik kanan pilih copy. Lalu aktifkan layout yang akan dijadikan tujuan, paste di layout yang aktif tersebut.
Salah satu lagi yang menarik dari rilis ArcGIS Extension XTools Pro 8 ini adalah kompabilitasnya,  dimana XTools Pro 8.x ini kompatibel dengan versi 9.2, 9.3, 9.3.1 and ArcGIS 10. Fitur- fitur terbaru di XTools Pro 8 selain Multiple Layout bisa Anda lihat di situs http://www.xtoolspro.com/. Link download XTools Pro 8 untuk trial 14 hari tersedia juga di situs yang sama.

Sumber: http://www.inigis.com/multiple-layout-di-arcgis-menggunakan-xtools-pro-8/2924

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *